Koramil Kasiman Bojonegoro, Sukses Gelar Perkemahan dan PAB Saka Wira Kartika


LENSAJATIM || Dengan suasana penuh semangat dan kekeluargaan, Koramil 12/Kasiman Kodim 0813 Bojonegoro sukses menyelenggarakan perkemahan bagi anggota Saka Wira Kartika selama dua hari dari tanggal 12 sampai dengan 13 Oktober 2024 di halaman Markas Koramil setempat.

Pada kegiatan itu, sekaligus dilakukan Pelantikan Anggota Baru (PAB) Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 0813-12/Kasiman. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah bagi para generasi muda untuk mengasah keterampilan dibidang Kepramukaan, serta guna menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Sejak kegiatan dibuka (hari pertama), para peserta perkemahan ini telah dibekali berbagai kegiatan yang menarik mulai dari dinamika kelompok untuk membangun kekompakan, materi wawasan kebangsaan untuk menanamkan rasa cinta tanah air, hingga kegiatan berbagai Krida Saka Wira Kartika untuk mengasah keterampilan para anggota baru.

Adapun materi Krida Saka Wira Kartika yang diajarkan ini diantaranya Krida Pionering (tali temali), Krida Penanggulangan Bencana Alam (PBA), Krida Survival, Krida Navigasi Darat (Navrat) dan Krida Mountainering.

Sebagai puncak acara, adalah upacara api unggun yang menjadi simbol semangat persatuan dan kebersamaan. Dari api unggun tersebut mempunyai 3 makna yaitu Api Berkobar mengandung makna Semangat yang membara, Api Panas mengandung makna Kekuatan yang luar biasa, Api Bercahaya mengandung makna petunjuk dan persaudaraan

Dihari berikutnya (hari kedua), perkemahan anggota Saka Wira Kartika ini diisi dengan kegiatan bakti sosial, jelajah alam. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah upacara penutupan dan pelantikan anggota baru. Prosesi upacara PAB Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 0813-12/Kasiman, ditandai dengan minum air kelapa muda dan penyiraman bunga tujuh rupa.

Dengan upacara tersebut para peserta resmi menjadi anggota Saka Wira Kartika dan siap menjalankan tugas serta tanggung jawab sebagai generasi muda yang berkarakter.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Selain mendapatkan ilmu Kepramukaan, kami juga bisa menjalin persahabatan dengan teman-teman dari berbagai sekolah," ujar salah satu peserta perkemahan, Joevansa Fetdiyansah.

Sementara itu dikonfirmasi secara terpisah, Senin (14/10/2024), Serka Sadik, selaku Pembina Upacara Pelantikan Anggota Baru Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 0813-12/Kasiman, berharap para anggota baru dapat menjadi generasi penerus yang berkualitas, memiliki jiwa kepemimpinan, serta selalu siap mengabdi untuk bangsa dan negara.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mencetak generasi-generasi muda yang tangguh, mandiri dan berkarakter," ujarnya.

Dia juga berharap, Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 0813-12/Kasiman dapat terus berkembang dan melahirkan generasi-generasi muda yang berkualitas serta berwawasan luas.

Untuk diketahui, anggota baru Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 0813-12/Kasiman yang dilantik ini merupakan angkatan ke- 2. Mereka, berjumlah 38 orang yang berasal dari SMAN 1 Kasiman, SMKN Kasiman, SMAN 1 Kecamatan Padangan dan SMK Migas Kecamatan Cepu.

Turut hadir dalam upacara pelantikan anggota baru Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 0813-12/Kasiman ini diantaranya Pamong Saka, Koptu Suyudi, para instruktur dan Dewan Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 0813-12/Kasiman.(Pen/Red)


Kontributor : Trisno Wibowo
KODIM 0813 BOJONEGORO