Optimalkan Lahan Kosong, Kodim Bojonegoro Tanam Ribuan Bibit Cabai


LENSAJATIM || Dalam rangka mendukung, dan mensukseskan program pemerintah dibidang Ketahanan Pangan (Hanpangan), Kodim 0813 Bojonegoro bersama Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXVIII Bojonegoro menanam 6000 bibit cabai dilahan Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) yang berada di Desa Sumberarum Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, Jum'at (6/9/2024).

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., Danramil 05/Dander Kapten Inf Abdul Karim Zalukhu beserta Babinsa, Pasiter Lettu Kav Sujirman beserta Staf, Pasipers Kapten Cku Parjan beserta Staf, dan Ketua Persit KCK Cabang XXVIII Bojonegoro Ny. Putri Arief Rochman Hakim beserta Pengurus.

Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, Lettu Kav Sujirman, mengungkapkan, penanaman 3000 bibit cabai rawit dan 3000 cabai merah besar tersebut dilakukan dalam rangka optimalisasi lahan kosong sebagai wujud komitmen bersama khususnya jajaran TNI dan Persit KCK Cabang XXVIII Kodim 0813 Bojonegoro dalam upaya menjaga ketahanan pangan.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dalam rangka memotivasi khususnya anggota Koramil jajaran Kodim 0813 Bojonegoro, serta masyarakat diwilayah teritorial untuk mandiri pangan. "Harapanya, para Babinsa dan warga masyarakat diwilayah binaan ini bisa memanfaatkan potensi lokal guna peningkatan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan di sekitar rumahnya," ujarnya

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Persit KCK Cabang XXVIII Kodim 0813 Bojonegoro, Ny. Putri Arief Rochman Hakim, bahwa penanaman tanaman holtikultura jenis cabai tersebut sejalan dengan program pemerintah khususnya di wilayah Kabupaten Bojonegoro dalam hal ketahanan pangan, sehingga bermanfaat dan hasilnya pun dapat dinikmati.

Kegiatan menanam cabai tersebut diharapkan dapat menjadi contoh, serta motivasi bagi masyarakat khususnya Persit Kartika Chandra Kirana jajaran Kodim 0813 Bojonegoro. Menurutnya, gerakan menanam cabai tersebut merupakan sektor strategis yang berperan dalam penguatan ketahanan ekonomi keluarga diantaranya bisa membantu penyediaan salah satu bahan bumbu secara berkelanjutan.

"Dengan memanfaatkan lahan kosong yang ditanami cabai akan membuahkan hasil, setidaknya dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga kita sendiri, untuk itu mari rajin menanam," pungkasnya.(Pen/Red)


Kontributor : Trisno Wibowo
KODIM 0813 BOJONEGORO