Kodim Bojonegoro berikan Tali Asih kepada para Veteran


LENSAJATIM || Dalam rangka Dharma Bhakti Veteran, serta menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 79 tahun 2024, Kodim 0813 Bojonegoro memberikan tali asih kepada para pejuang-pejuang diwilayah Kabupaten Bojonegoro yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Kamis (15/8/2024).

Secara simbolis, tali asih berupa 87 paket sembako tersebut diserahkan langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., kepada para Bintara Pembina Desa atau Babinsa jajaran untuk disalurkan terhadap para pahlawan/veteran dan keluarga yang ada diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., mengatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini lahir dan terbentuk bukan karena pemberian, akan tetapi terbentuk dari sejarah panjang perjuangan para pahlawan atau veteran pendahulu dalam merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah.

Tekad dan semangat para pahlawan atau veteran tersebut tidak hanya membentuk sejarah bangsa, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi-generasi bangsa untuk menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa. Kabupaten Bojonegoro yang merupakan bagian dari tanah air tercinta ini, juga merasakan manfaat dari semangat perjuangan para pahlawan.

Masih menurut Dandim, kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini merupakan hasil jerih payah yang tidak kenal lelah dan tidak tergoyahkan oleh para pahlawan/veteran. Harta, benda, jiwa dan raga telah mereka korbankan demi terwujudnya kemerdekaan yang kita peroleh saat ini. Sehingga, kita perlu mencontoh dan meneladani semangat juang yang telah diwariskan kepada kita.

"Untuk itu saya menghimbau kepada para Babinsa, sebagai garda terdepan TNI Angkatan Darat agar terus berkomitmen menjaga dan meneruskan semangat tersebut dengan melaksanakan apa yang menjadi tugas pokok kita sebagai prajurit TNI dengan sebaik-baiknya. Salam hormat kami, dan penghargaan setinggi-tingginya untuk para pejuang semua," ujar Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM.

Sementara itu, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Bojonegoro, Kapten Inf Purn Ibnu Suyanto, mengucapkan terima kasih kepada bapak Dandim 0813 Bojonegoro beserta jajarannya yang telah memberikan perhatian terhadap seluruh veteran atau pejuang-pejuang yang ada diwilayah Kabupaten Bojonegoro. Menurutnya, bukan dilihat dari nilai yang diberikan, melainkan perhatian yang selama ini diberikan terhadap kami.

"Terima kasih kepada jajaran TNI Kodim 0813 Bojonegoro yang telah memberikan bantuan sosial kepada kami semua, dan kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memaknai momentum Hari Kemerdekan Republik Indonesia ini dengan mengenang perjuangan-perjuangan yang telah dilakukan oleh seluruh pahlawan yang memerdekakan bangsa Indonesia dari bumi penjajahan, melalui kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.(Pen/Red)



Kontributor : Trisno Wibowo
KODIM 0813 BOJONEGORO