Babinsa Koramil Sukosewu dampingi Nakes berikan Layanan Imunisasi


LENSAJATIM || Bersama Bhabinkamtibmas Aipda Supendi, Babinsa Koramil 21/Sukosewu Kodim 0813 Bojonegoro, Koptu Santoso, turut mendampingi Bidan Desa dalam kegiatan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SD Negeri Duyungan Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro, Senin (26/8/2024).

Program BIAS, dilaksanakan dalam rangka melindungi anak-anak usia sekolah dari ancaman penyakit seperti campak, difteri dan tetanus. Kegiatan yang rutin dilakukan tiap tahun tersebut merupakan imunisasi lanjutan untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak-anak.

Babinsa Desa Duyungan Koramil 0813-21/Sukosewu, Koptu Santoso, mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan program BIAS ini ada sebanyak 28 siswa-siswi SD Negeri Duyungan mendapat vaksinasi yang terdiri dari vaksin MR Campak bagi kelas 1 (satu) sebanyak 15 anak, dan vaksin HPV untuk kelas 5 (lima) dan 6 (enam) sebanyak 13 anak.

Sementara pendampingan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung, serta mensukseskan program pemerintah untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang lebih optimal. Dan pihaknya bersama Bhabinkamtibmas selalu berkoordinasi dengan Bidan Desa maupun pihak Puskesmas dalam upaya pendampingan, ataupun pendataan guna penanganan dan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Kehadiran kami secara langsung dalam kegiatan pelayanan BIAS ini tentunya bisa memberikan warna tersendiri yakni motivasi dan semangat kepada para siswa. Sehingga, anak-anak sekolah dapat mengikuti arahan dan diberikan pemahaman akan pentingnya imunisasi," kata Koptu Santoso.

Selain itu, kegiatan pendampingan dalam program BIAS ini juga merupakan bagian dari tugas kewilayahan yang harus dilakukan oleh Aparat Komando Kewilayahan atau APKOWIL. "Kami selalu siap mendukung serta mensukseskan program-program pemerintah agar berjalan dengan tertib, aman dan nyaman," pungkasnya.(Pen/Red)


Kontributor : Trisno Wibowo
KODIM 0813 BOJONEGORO