Babinsa Koramil Malo Bojonegoro bantu Bidan Desa Periksa Kesehatan Siswa SD Ngujung


LENSAJATIM || Dalam rangka mendukung program pemerintah khususnya dibidang kesehatan, Babinsa Koramil 20/Malo Kodim 0813 Bojonegoro, Serda Surasim, mendampingi Bidan Desa dalam kegiatan Skrining pemeriksaan kesehatan siswa SD Negeri Ngujung 1 Desa Ngujung Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro, Jum'at (23/8/2024).

Dalam pelaksanaanya, ada sebanyak 62 siswa dan siswi turut dalam kegiatan skrining kesehatan. Pada kegiatan yang juga didampingi oleh para Guru SD Negeri Ngujung 1 ini, puluhan pelajar mendapatkan obat dan vitamin.


Kegiatan skrining tersebut merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik.

"Pada hari ini dilaksanakan skrining kesehatan siswa SDN Ngujung 1. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan diantaranya pemeriksaan kesehatan secara umum seperti pengecekan tinggi dan berat badan, tensi darah, pemeriksaan kesehatan mata dan gigi siswa," ungkap Serda Surasim.


Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam pemeliharaan kesehatan bagi anak di masa pertumbuhan, yang sekaligus juga sebagai cermin bagi orang tua untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi anak-anak agar mereka dapat tumbuh sehat.

Sementara, kegiatan pendampingan dalam kegiatan skrining kesehatan ini merupakan bagian tugas kewilayahan yang harus dilakukan oleh seorang Babinsa. "Selaku Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil), kami para Babinsa selalu siap mendukung program-program pemerintah, sehingga pelaksanaan program tersebut bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar," pungkas Serda Surasim.(Pen/Red)


Kontributor : Trisno Wibowo
KODIM 0813 BOJONEGORO