Jelang Tradisi Nyadran, Babinsa Koramil Ngambon Bojonegoro bersih-bersih Desa


LENSAJATIM || Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 16/Ngambon Kodim 0813 Bojonegoro, Serka Jupri, bersama Pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat Desa Bondol melaksanakan karya bakti pembersihan dilingkungan RT.003/RW.001 dalam rangka menyambut kegiatan tradisi Nyadran (Sedekah Bumi) desa setempat.

Selain Babinsa Koramil 0813-16/Ngambon, karya bakti tersebut juga diikuti Kepala Desa beserta perangkat Desa Bondol, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD Desa Bondol beserta anggota, Ketua RT, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, Linmas dan masyarakat setempat.

Babinsa Desa Bondol, Serka Jupri, menjelaskan, karya bakti ini dilaksanakan dalam rangka mempererat tali silaturahmi, menjaga kebersihan lingkungan yang sekaligus untuk memberikan motivasi kepada masyarakat guna menumbuhkan kesadaran dan kebersamaan dalam gotong-royong.

Selain itu, kegiatan karya bakti yang dilaksanakan secara bersama-sama tersebut adalah salah satu wujud adanya kebersamaan, kekompakan dan kepedulian dari berbagai elemen masyarakat. Dengan lingkungan yang bersih dan rapih, menurut Serka Jupri, tentunya suasananya juga akan semakin indah dan nyaman.

"Harapanya, semangat gotong-royong dan kebersamaan ini akan tetap terjaga dalam segala kegiatan lainya, serta memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat," ujarnya, Jum'at (5/7/2024).

Ditempat terpisah, Danramil 0813-16/Ngambon Letda Chb Ribowo, saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa karya bakti yang dilaksanakan oleh Babinsa jajaranya tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat diwilayah binaan dalam rangka pemberdayaan wilayah pada aspek darat.

Selaku Aparat Teritorial atau Kewilayahan, seorang Babinsa harus mampu memberdayakan desa yang menjadi wilayah binaanya yaitu mampu membina potensi wilayah, kekuatan pertahanan desa dan ketahanan masyarakat desa. Tugas dan kinerja Babinsa ini 24 jam, sehingga setiap saat Babinsa harus siap mendampingi dan membantu masyarakat.

"Jadi, apapun kegiatan kemasyarakatan yang ada diwilayah binaan itu Babinsa harus selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, serta bersinergi dengan Bhabinkamtibmas, Kepala Desa dan perangkat desa untuk melayani dan membantu kesulitan masyarakat," pungkasnya.(Pen/Red)



Kontributor : Trisno Wibowo
KODIM 0813 BOJONEGORO