Kodim Surabaya Timur Gelar Pembinaan Tata Ruang Tahun 2021

 

LENSAJATIM ||       Kodim Tipe A 0831/Surabaya Timur, menggelar kegiatan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat ( Wilhanrat) Tahun 2021. Kegiatan berlangsung di Aula Kodim, Jl Mulyorejo Indah. 1, No. 4, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya. Rabu. (22/09/21)

Komandan Kodim Tipe A 0831/Surabaya Timur. Kolonel Inf Agus Faridianto, di wakili Kepala Staf Kodim (Kasdim). Letkol Inf Drs Chusnul Chuluk. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin, dimana pada tahun ini mengambil tema,” Keterpaduan dan Keselarasan Pembinaan Tata Ruang Wilhanrat Dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Pemerintah Daerah Dapat Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Serta Pertahanan Darat Yang Tangguh.

Kasdim mengatakan, tentang tujuan dilaksanakannya kegiatan ini,’’ untuk meningkatkan sinkronisasi, keterpaduan pembangunan wilayah pertahanan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pemerintah daerah untuk mewujudkan wilayah pertahanan yang berkualitas dalam rangka kepentingan pertahanan,” katanya.

Bahwa TNI AD sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara di darat, bersama komponen kekuatan pertahanan lainnya, harus dapat memberdayakan dan memanfaatkan sumber daya yang ada, sehingga siap dimobilisasi dan digunakan untuk mewujudkan kesemestaan (Pertahanan Semesta) dalam menghadapi setiap ancaman dan gangguan, terhadap keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sebagai suatu organisasi, Angkatan Darat bertugas melaksanakan tugas TNI dalam menyelenggarakan pembangunan dan pengembangan kekuatan matra darat, melalui pembinaan yang bertujuan untuk penyiapan kekuatan dalam wujud kesiapan operasional,” tambahnya.

“Untuk pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Satkowil merealisasikannya dengan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) sehingga dengan potensi geografi, demografi dan kondisi sosial tersebut dapat dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh agar dapat menjadi kekuatan wilayah,” pungkasnya.(Pendim/Red)