Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Anggota Kodim Bojonegoro Ikuti Sosialisasi P4GN Dan Test Urine


LENSAJATIM.COM | BOJONEGORO
Selain melakukan berbagai upaya dalam pencegahan sebaran coronavirus disease 2019 atau covid-19, upaya lain yang pun tak kalah penting seperti pencegahan penyalahgunaan narkoba. Seperti terlihat Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN).

Kegiatan yang digelar di Gedung Ahmad Yani Makodim 0813 tersebut diikuti seluruh jajaran TNI dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur.

Pasi Intel Kodim 0813 Bojonegoro, mengatakan bahwa sosialisasi P4GN ini sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan narkoba khususnya dilingkungan anggota Kodim dan keluarganya, serta sebagai sarana menambah wawasan tentang bahaya narkoba.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh anggota Kodim Bojonegoro beserta keluarganya agar selalu berhati-hati jangan sampai mendekati, apalagi menggunakan serta mengedarkan barang tersebut. Karena sangsinya sangat berat, selain hukuman penjara juga akan dilakukan pemecatan.

"Bagi anggota TNI yang terbukti terlibat penyalahgunaan narkoba, selain hukuman penjara, juga akan dilakukan proses pemecatan," ungkap Kapten Inf Suko Maulono, Kamis (16/7/2020).

Kaur Bin Ops Sat Reserse Narkoba (KBO) Polres Bojonegoro, Ipda Fadil menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi terhadap Kodim atas terselengaranya sosialisasi. Dia menjelaskan, narkoba merupakan musuh kita bersama. Untuk itu pihaknya mengajak untuk bersama-sama mengibarkan bendera perang terhadap narkoba.

"Kepedulian warga untuk melapor adanya tindak pidana penyalahgunaan narkoba masih sangat kecil. Sehingga dibutuhkan kerjasama, dan kepedulian kita bersama dalam penanganan peredaran dan penyalahgunaan narkoba," ujarnya.

Dalam pelaksanaanya, sosialisasi ini tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 seperti penggunaan masker, jaga jarak aman atau physical distancing, pemeriksaan suhu badan serta cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer.

Kegiatan sosialisasi ini, dilanjutkan dengan pemeriksaan urine terhadap anggota Kodim. Dari hasil pemeriksaan tersebut, personel TNI dan ASN Kodim 0813 Bojonegoro dinyatakan negatif. (Pendim/Red)